Kamis, 06 November 2008

SeJaRaH cHoCoLaTe...........

SEJARAH COKLAT


Menghadiahkan coklat pada kekasih ternyata bukan cuma dilakukan oleh orang modern. Kebiasaan saling memberikan penganan manis ini ternyata telah dimulai 1000 tahun lebih tua dari perkiraan para ahli semula. Ini terbukti lewat penemuan sebuat ceret milik suku Mayan di Belize dari 2600 tahun lalu.


Temuan ini menunjukkan sisa-sisa coklat yang pernah diminum masyarakat Mayan yang menggunakan ceret tersebut. Ini menjadi bukti lebih lanjut temuan kimiawi yang menunjukkan coklat telah digunakan selama lebih dari 100 tahun lampau. Jeffrey Hurst, peneliti dari Hershey Foods di Hershey, Pennsylvania dan anggota timnya menemukan bekas semburan-semburang coklat dari ceret yang ditemukan di situs purbakala Colha, bagian utara Belize itu .

Menurut catatan sejarah saat itu suku Mayan dan Aztek berada di bawah jajahan Spanyol. Saat itu pula suku Mayan dan Aztek terbiasa menggunakan kendi untuk membuat minuman coklat. Coklat cair itu dituangkan dari satu tempat untuk dibuat buih coklat yang saat itu merupakan minuman amat digemari. Minuman inilah yang dikonsumsi secara meluas di kalangan orang Mexico dan bagian tengah Amerika.

Teknik analisa kimia sensitif yang digunakan Hurst juga menemukan fakta bahwa coklat sudah sering dikonsumsi dari penemuan benda purbakala berupa tempat minuman yang usianya jauh lebih tua dari penelitian semula, sekitar tahun 600 sebelum Masehi .

Penemuan terakhir juga menyebutkan, konsumsi coklat telah menjadi kebiasaan sejak 1.500 tahun lalu, setelah ditemukan keramik tempat minum coklat di pemakaman suku Mayan di Rio Azul, Guatemala.

1 komentar:

Going Nowhere mengatakan...

mana foto pacu karungnya?, posting dong